Home » » Siapa Abdullah Sonata?

Siapa Abdullah Sonata?

Posted by Catatan Harian Newbie on Thursday, June 24, 2010


Siapa Abdullah Sonata?

Dia lahir di Bambu Apus, Jakarta Timur, 4 Oktober 1978 . Abdullah Sonata yang bernama asli Abu Ikrimah Al Bassam Al Mathlub dikenal setelah menjadi Laskar Mujahidin Kompak (Komite Penanggulangan Krisis) saat konflik Ambon, 1999.

Pada 2000, Abdullah Sonata diduga menyabot gudang senjata Brimob Polri di Tantui, Ambon.

Pasca Bom Bali, bersama Maulana dia membuka kamp pelatihan di Mindanao, Filipina, sekaligus memasok dana dari Timur Tengah.

Pada April 2004, Sonata membangun kamp pelatihan Olas, Seram Barat, untuk konflik di Ambon. Dia tertangkap 6 Juli 2005 dengan tuduhan menyembunyikan Noordin M Top.

Pada Mei 2006, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memvonis Abdullah Sonata selama tujuh tahun penjara. Abdullah terbukti menyembunyikan Noordin M Top. Hakim juga menilai Abdullah Sonata terbukti memasukkan senjata api dengan maksud melakukan tindak pidana terorisme ke Indonesia.

Nama Abdullah Sonata kembali ke muncul setelah polisi menggerebek kamp pelatihan di Aceh Besar.

Dalam struktur kepemimpinan militer di Jalin Jantho, Aceh Besar, Abdullah Sonata sejajar dengan Dulmatin.

Sembari menguak jejaknya, polisi juga sempat memblokir blog yang mengatasnamakan Abdullah Sonata. Blog Abdullah beralamat di http://7ihadmedia.wordpress.com.

Dalam blog itu, Abdullah menulis beberapa artikel seputar jihad. Artikel terakhir yang diunggah bertajuk 'Nasihat Terbaru Dari DPO Abdullah Sonata Kepada Ikhwan Mujahidin' pada 3 Mei 2010.

Abdullah Sonata merancang penyerangan teroris yang mirip serangan di Mumbai, India -- salah satu targetnya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mirip dengan modus di Mumbai, Abdullah Sonata menguasai hotel-hotel tempat berkumpulnya orang asing, lalu diledakkan.

Menurut pengamat Terorisme Asia Tenggara, Ken Conboy, penangkapan Abdullah Sonata hidup-hidup sangat signifikan.

"Dia akan bisa menguak rangkaian jaringan teroris Aceh. Dari soal pendanaan, target yang ingin disasar, dan siapa orang-orang yang akan digunakan," kata dia seperti dimuat lamanThe Age

Thanks for reading & sharing Catatan Harian Newbie

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kuliner